Thursday, July 5, 2018

Apa itu Cryptocurrency?


Cryptocurrency atau yang sering disebut cryptocoin adalah mata uang digital atau mata uang virtual yang menggunakan kriptografi (kode rahasia) yang kuat untuk mengamankan transaksi keuangan. Cryptocurrency menggunakan alamat pembayaran yang unik dan berbeda-beda pada setiap penggunanya. Cryptocurrency pertama kali dirilis pada tahun 2009 dengan nama Bitcoin yang diciptakan oleh Satoshi Nakamoto. Setelah kehadiran bitcoin maka ribuan altcoin (koin alternatif) bermunculan di internet dengan algoritma yang berbeda-beda.

Fungsi cryptocurrency yaitu sebagai media pertukaran yang bisa ditukarkan ke rupiah maupun ke usd dan mata uang negara lain, bahkan cryptocurrency bisa digunakan untuk sewa domain hosting dan bisa juga untuk membeli barang-barang yang ada di online shop yang menyediakan pembayaran mengggunakan cryptocurrency / cryptocoin. Namun semua cryptocurrency bertumpu pada bitcoin karena bitcoin mata uang pertama dan yang begitu dijaga keamanan, kecepatan transaksi dan keberadaannya. Jadi bitcoin yang selalu paling utama digunakan untuk pertukaran mata uang dan pembelian barang online di seluruh dunia.

Bagaimana cara menggunakan bitcoin?

Untuk menggunakan bitcoin kalian harus mempunyai wallet (dompet) bitcoin yang berisi alamat bitcoin yang berfungsi sebagai alamat penerima bitcoin yang di kirim dari pengguna lain. Wallet bitcoin merupakan sebuah software yang di install di komputer kita sehingga orang lain tidak bisa mengetahui dan mengakses wallet yang kita miliki.
Kalian bisa download wallet bitcoin di situs resminya disini => Download Wallet Bitcoin.
Karena pada dasarnya wallet bitcoin akan terus menerus bekerja mendownload block-block yang bertebaran di internet maka pastinya akan mengurangi kinerja komputer kita dan memakai kuota internet selama kita mengaktifkan koneksi internet.
Kalau kalian tidak mau repot-repot download dan install di komputer kalian juga bisa menggunakan online wallet yang di sediakan situs-situs jual/beli bitcoin di bawah ini :

Situs perdagangan dan jual-beli terpercaya di indonesia :
- Indodax (perdagangan bitcoin)
- Triv (jual/beli bitcoin ke rupiah)

Situs perdagangan terpercaya di luar indonesia :
- Yobit - Bitcoin & Altcoin Exchange
- Coinexchange - Bitcoin & Altcoin Exchange
- Cryptopia - Bitcoin & Altcoin Exchange
- HitBTC - Bitcoin & Altcoin Exchange
- C-Cex - Bitcoin & Altcoin Exchange

Situs online wallet dan payment processor untuk di lekatkan ke website kita sebagai alat pembayaran :
- CoinPayments
Sampai disini dulu penjelasan dan informasi mengenai cryptocurrency.





Terima kasih atas kunjungannya, semoga bermanfaat.... :-)